Manfaat Susu Kedelai bagi kesehatan

Manfaat Susu Kedelai bagi kesehatan

Manfaat Susu Kedelai bagi kesehatan - Salah satu santanpan yang sangat mengandung protein tinggi yaitu susu kedelai. Minuman ini yang pastinya sangat menyegarkan bagi tubuh kita, disamping itu memiliki beberapa khasiat yang sangat berguna bagi tubuh, apa saja khasiatnya, mari kita ulas bersama.

Susu Kedelai


  • Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai kaya akan phytoestrogen, hormon tanaman yang dapat menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kadar testosteron yang berkurang secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah membuktikan bahwa pria yang sering mengonsumsi kedelai secara rutin lebih kecil mengalami kanker prostat.


  • Bermanfaat bagi ibu hamil
Susu kedelai baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung asam folat yang dapat membantu perkembangan otak janin.



  • Menekan kadar glukosa dalam tubuh
Susu kedelai juga mengandung polisakarida yang bermanfaat menekan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Hal tersebut sangat membantu mengendalikan penyakit diabetes.


  • Mencegah Osteoporosis

Tidak hanya susu sapi yang bisa menurunkan risiko osteoporosis, susu kedelai juga bisa memberi manfaat yang sama. Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan Anda membeli susu kedelai yang mengandung vitamin D.

  • Kesehatan Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh seorang pria. MayoClinic.com (portal kesehatan dunia) merekomendasikan untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah masalah kardiovaskular. 1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh.

  • Membantu menjaga kesehatan mental
Kasehatan mental adalah salah satu manfaat susu kedelai yang tidak terduga, lalu bagaimana peran susu kedelai ini pada kesehatan mental ? MayoClinic.com telah melist bahwa bunuh diri merupakan peringkat ke-7 dari penyebab utama kematian para pria. Susu kedelai dapat membantu mengurangi risiko ini karena mengandung sejumlah zat gizi mikro dengan potensi manfaat kesehatan mental.

1 cangkir susu kedelai mengandung 5,8 persen vitamin B-6, yang membantu tubuh Anda untuk membuat serotonin neurokimia meningkatkan suasana hati. Kadar magnesium yang juga membantu untuk meningkatkan tingkat serotonin dan mungkin sama efektifnya dengan beberapa obat antidepresan yang diperuntukkan pada orang depresi dan diabetes.

Kandungan vitamin D yang tinggi dalam susu kedelai juga dapat membantu untuk mencegah dan mengobati gangguan afektif musiman, kondisi depresi yang mempengaruhi orang yang hidup dalam tekanan tinggi.

  • Sumber protein
Susu kedelai merupakan sumber protein yang jumlahnya hampir sama dengan susu sapi. Yang mengagumkan susu kedelai juga mengandung protein nabati yang dapat mencegah kerapuhan tulang belakang alias osteoprosis. Anda dapat mengkonsumsi susu kedelai setiap hari tanpa perlu khawatir ancaman osteoporosis.

  • Mencegah Migraine
Migraine dikenal juga dengan sakit kepala sebelah yang berulang dan bersifat idiopatik (timbul dengan sendirinya tanpa diketahui penyebabnya); serta bersifat kambuhan. Penyakit ini lebih banyak menyerang wanita disbanding pria (3 : 1). Faktor utamanya adalah adanya siklus hormonal pada wanita. Dengan sifatnya yang idiopatik migraine sangat berkaitan dengan perubahan biokimiawi. Mengkonsumsi susu kedelai secara teratur dapat mencegah dan meredakan migraine; terutama yang disebabkan oleh deffisiensi zat gizi. Hal ini disebabkan karena Susu Kedelai merupakan sumber Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral, (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) dengan jumlah cukup tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top