Pengertian Entomologi Kesehatan

Pengertian Entomologi Kesehatan

Pengertian Entomologi Kesehatan - Seiring dengan perkembangan ilmu dan pengetahuan yang semakin maju, entomologi (ilmu yang mempelajari seluk beluk serangga) turut berkembang pula. Saat ini entomologi terbagi menurut beberapa subbidang seperti entomologi lingkungan, entomologi ekonomi, entomologi industri, toksikologi insektisida, entomologi makanan, entomologi kedokteran, dan entomologi forensik.

Dunia Serangga (Entomologi)

Entomologi kedokteran adalah ilmu yang mempelajari serangga dan hewan sejenis seperti tungau, caplak, dan laba-laba dalam hubungannya dengan kesehatan manusia. Entomologi kedokteran selain mencankup kesehatan manusia juga kesehatan hewan. Saat ini perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kedokteran telah melaju dengan pesat seiring dengan meningkatnya populasi manusia dan berkembangnya penyakit-penyakit yang ditularkan oleh serangga.

Entomologi kini menjadi dasar utama dalam perkembangan entomologi kedokteran di samping ilmu-ilmu hewan lainnya, seperti arachnologi, akarologi, nematologi, bakteriologi, virulogi, dan mikrobiologi. Ilmu-ilmu ini mempunyai keterkaitan antara satu dengan lainnya dan perlu dipahami untuk mengetahui hubungan antara serangga dan anggota-anggota artproda lainnya dengan patogen penyakit pada manusia dan hewan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top