Manfaat Duri Tempel Bagi Tumbuhan Mawar

Manfaat Duri Tempel Bagi Tumbuhan Mawar

Manfaat Duri Tempel Bagi Tumbuhan Mawar - Saya sebagai admin atau penulis blog ini sangat mengapresiasi pertanyaan-pertanyan yang masuk ke saya tentang manfaat duri tempel yang terdapat di tumbuhan mawar.


Duri Tempel pada batang mawar

Di bagian batang mawar terdapat duri-duri kecil yang sangat tajam, namun duri itu juga sangat mudah terlepas. Bentuknya sebagai pengait. Ada juga beberapa spesies mawar mempunyai duri yang lurus dan tajam seperti jarum, tetapi ada juga durinya lunak dan tidak tajam berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain.

Beberapa spesies yang tumbuh liar ditanah berpasir di daerah pantai seperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, menahan pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akar dari erosi. Beberapa spesies mawar mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.

Namun dari beberapa sumber yang saya baca, duri yang terdapat pada batang mawar ini juga berfungsi sebagai proteksi terhadap predator yang menyerang, seperti ular,kadal dll yang dapat merusak tumbuhan itu sendiri. 

Hebat yah si Mawar ini, ini merupakan tanda bukti hebatnya Allah dalam menciptakan sesuatu. Salam BiologySmart.!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top