Pengertian Myasis

Pengertian Myasis

Pengertian Myasis - Myasis adalah istilah yang digunakan untuk adanya infeksi pada organ atau jaringan tubuh manusia atau hewan oleh larva-larva lalat (maggot).Untuk suatu periode tertentu, larva-larva itu memakan jaringan yang hidup atau mati atau makanan yang sudah dicerna oleh inang. Miasis banyak ditemukan pada hewan, tetapi sangat jarang pada manusia. Infestasi lalat pada manusia dapat terjadi bila seseorang menelan buah atau makanan yang kebetulan mengandung telur atau larva lalat atau juga dapat terjadi pada orang-orang yang hidup di daerah kumuh dan kotor.

Penyakit Myasis

 Myasis biasanya menyerang hewan ternak (sapi, kuda, kerbau, kambing, dan babi) dan juga hewan kesayangan (anjing dan kucing). Kejadian myasis pada ternak dan hewan kesayangan  dapat diawali karena gigitan lalat Tabanidae, akibat infestasi Sarcoptes scabiei, cacing Strongyloides sp, kejadian pascapartus, luka umbilicus, luka traumatika karena perkelahian , tergores duri atau benda lain.  NORVAL (1978) melaporkan kematian tiga ratus ribu ternak terserang myasis akibat terganggunya program control caplak di Zimbabwe sepanjang tahun 1973-1978.

Berbagai istilah miasis yang terjadi pada mamalia disesuaikan dengan lokasi tempat terjadinya infestasi larva lalat. Sebagai contoh, dalam tubuh hewan atau manusia dapat terjadi miasis lambung, miasis perut, miasis dubur, miasis saluran kencing, miasis telinga, miasis mata, miasis kulit, atau miasis hidung.

Myasis terbagi menjadi 2 yaitu myasis obligat dan myasis fakultatif. Perbedaan keduanya terdapat pada jaringan tubuh yang diserangnya. Myasis obligat hanya dapat terjadi pada jaringan tubuh yang masih hidup. Sedangkan pada myasis fakultatif dapat terjadi pada jaringan tubuh yang masih hidup maupun yang sudah mati. Myasis obligat disebabkan oleh larva Chrysomia bezziana sedangkan myasis fakultatif disebabkan oleh larva Chrysomia megacephala.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top