Pengertian Yaws

Pengertian Yaws

Pengertian Yaws - Yaws  atau frambusia adalah penyakit yang dapat menular (contagius), tidak ditularkan melalui hubungan seks, berbentuk infeksi kronis yang banyak terdapat di daerah tropis yang lembab, yaitu Afrika, Asia, Amerika Selatan, dan Oceanea. Penyakit ini mnginfeksi manusia terutama anak-anak di bawah umur 15 tahun.  Yaws disebabkan oleh bakteri spirochete (tipe bakteri berbentuk spiral), Treponema pertunae. Bakteri ini berbeda dengan bakteri spirochete, Treponema pallidum sebagai patogen yang bertanggung jawab terhadap penyakit sipilis. Penyakit Yaws banyak ditemukan di daerah-daerah kumuh yang sanitasi lingkungannya sangat buruk, jumlah penduduk padat dan miskin.

Yaws atau frambusia

Rose (1996) menyatakan bahwa analisis skeleton Homo erectus yang tertinggal memberi petunjuk bahwa Yaws berasal dari Afrika Pleistosen Tengah sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Para ahli meneliti skleton dan H. erectus di museum nasional kenia dan menemukan defosit tualng baru yang tebalnya 7 mm pada tulang-tulang lengan dan tungkai, suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya vitamin A yang berlebihan. Namun, lokasi dan jumlah defosit memberi petunjuk bahwa penemuan ini adalah akibat dari penyakit yaws. Hal yang sama ditemukan juga pada skleton H. erectus di Venosa, Italia bagian selatan, dan hal ini menunjukkan bahwa manusia menyebar keluar dari Afrika dan membawa penyakit Yaws. 

Penyakit ini mulai pada saat bakteri spirochete menembus kulit pada titik tempat terjadi pelukaan atau terpotong. Pada titik masuk akan muncul tonjolan kecil (lesion) yang tidak sakit dalam waktu 2-8 minggu dan kemudian berkembang. Pembengkakan awal ini biasanya disebut 'mother yaw' atau yaw ibu. Kelenjar di daerah sekitar mother yaw membengkak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top